Pigmentasi pada Kulit

Tags: ,

Categories: Article

pigmen2

Warna pada kulit dibentuk oleh suatu zat yang disebut melanin, sebuah pigmen yang dihasilkan oleh sel melanosit. Kulit yang lebih gelap mengandung lebih banyak melanin, begitu juga sebaliknya. Selain membentuk warna kulit, melanin juga memiliki peranan penting yaitu melindungi kulit dari paparan / sengatan sinar matahari. Tetapi penggunaaan tabir surya tetap penting untuk melindungi kulit.

Realitanya, sinar matahari (sinar UV) dapat merangsang pembentukan melanin. Peningkatan jumlah melanin dapat menyebabkan timbulnya bercak-bercak pada kulit. Bercak yang timbul bisa berupa bintik-bintik atau noda-noda di wajah. Dan biasanya bintik atau noda ini memiliki warna yang lebih gelap dari warna kulit aslinya. Perubahan warna inilah yang disebut dengan pigmentasi.

Selain sinar matahari (sinar UV), ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya pigmentasi pada kulit, antara lain perubahan hormon dan faktor usia dimana disebabkan oleh struktur kulit mengalami perubahan baik secara anatomis maupun fisiologis.

Author: admin_whiteneng

Leave a Reply